Ford Mustang V6, Masih Jadi Legenda
Ford sepertinya masih enggan membunuh legenda lama pelopor pony car yang satu ini. Buktinya hingga di tahun yang ke-46 ini Ford masih menurunkan Mustang ke pasaran. Lalu seperti apa muscle car yang melegenda itu sekarang? Tak banyak berubah selain perubahan yang bersifat kosmetik saja. Artinya, Ford masih akan mengandalkan image sebagai faktor pendongkrak daya jual mobil ini.
Di awal kemunculannya, Mustang memang adalah mobil yang bisa diandalkan soal performa mesin. Namun seiring perkembangan zaman, image mobil cepat itu perlahan makin memudar. Apalagi seolah Ford tak terlalu gigih berusaha meningkatkan performa mesin mobil ini. Di tahun 2010 ini Ford kembali melansir Mustang dalam dua versi seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Mesin disajikan dalam dua versi, V6 dan V8.
Generasi tahun 2010 ini boleh jadi mengalami perbaikan dalam hal tampilan namun mesin yang dipasang ternyata sama sekali tak mengalami perubahan. Mesin V6 berkapasitas ruang bakar 4009cc ini masih tetap menghasilkan tenaga sebesar 210 daya kuda pada putaran mesin 5300rpm dengan torsi sebesar 240 lb-ft pada putaran 3500rpm, sama persis dengan generasi sebelumnya. Kalau mau jujur masih banyak mobil dengan mesin V6 yang mampu memuntahkan tenaga lebih besar walaupun kapasitas ruang bakar mereka lebih kecil.
Mesin yang terakhir dimodifikasi pada tahun 1997 ini mampu mendorong Mustang hingga kecepatan 183km per jam dan itu bukanlah sesuatu yang terlalu mengagumkan saat ini. Akselerasi pun sepertinya tak terlalu bisa disebut cepat. Untuk menggapai kecepatan 100km per jam Mustang V6 ini memerlukan waktu sekitar 6,6 detik. Jadi bila performa tak lagi bisa dijadikan pemikat maka satu-satunya yang bisa diandalkan Ford hanyalah legenda Mustang yang untungnya masih bertahan hingga saat ini.
Dalam sejarah, Mustang ini sanggup bertahan 45 tahun lebih dengan angka penjualan sebesar 9 juta unit lebih. Ini menjadikan Mustang sebagai satu-satunya produk Ford yang punya umur paling panjang dalam masa produksi. Bisa jadi salah satu daya penarik dari Mustang ini adalah tampilan retro-nya yang memang menggoda mata untuk melirik. Dan hingga generasi keenam ini Ford sepertinya masih mempertahankan struktur dasar Mustang generasi pertama.
Car and Driver malahan menyebut mobil ini sebagai mobil yang kadaluwarsa lantaran performa mesinnya yang sudah tak bisa dianggap jago. Selain itu performa pengereman sepertinya juga jadi titik lemah yang disebutkan situs ini. Kalaupun ada pujian maka tampilan luar dan kabin yang nyamanlah yang paling mendapat nilai tinggi.
Berbeda dari Car and Driver, MSN malah masih menyebut Mustang ini sebagai the best pony car hingga saat ini. Alasannya, tenaga masih cukup besar sementara handling pun tak kalah hebatnya. Situs ini justru malah mengkritik bobot total mobil yang menurut mereka terlalu berat. Terlepas dari itu semua, Mustang tetaplah legenda pony car dan untuk memilikinya Anda harus rela mengeluarkan dana sebesar US$21.845 atau kurang lebih setara dengan Rp205 jutaan. Harga yang layak untuk sebuah legenda.(kpl/roc)
SPESIFIKASI | ||
Vehicle Type | : | Front-engine, rear-wheel-drive, 4-passenger, 2-door coupe |
Engine | : | 4009cc, SOHC 12-valve V-6, iron block and aluminum heads, port fuel injection |
Power | : | 210 bhp @ 5300 rpm |
Torque | : | 240 lb-ft @ 3500 rpm |
Transmission | : | 5-speed manual |
Length | : | 188.1 in |
Width | : | 73.9 in |
Height | : | 55.6 in |
Wheelbase | : | 107.1 in |
Curb weight | : | 3421 lb |
Zero to 60 mph | : | 6.6 sec |
Top speed | : | 114 mph |
Fuel Economy | : | 18/26 mpg (city/highway) |
Official Site | : | www.fordvehicles.com |
0 Response to "Ford Mustang V6, Masih Jadi Legenda"
Posting Komentar